Belanja

30 Nov 2020

KISI - KISI SOAL PAS PELAJARAN IPS KELAS 9 SEMETER 1 KURIKULUM 13

 


A. Kisi-kisi Soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil IPS Kelas 9:

  1. Disajikan peta peserta didik dapat menentukan letak benua terluas pada peta 
  2. Peserta didik dapat membandingkan letak benua Afrika dan Benua Asia 
  3. Disajikan letak astronomis peserta didik dapat menyimpulkan iklim wilayah Benua Afrika 
  4. Disajikan nama benua peserta didik dapat menentukan urutan benua terluas hingga tersempit di dunia 
  5. Peserta didik dapat menjelaskan letak Benua Eropa 
  6. Disajikan karakteristik benua, peserta didik dapat menentukan nama benua berdasarkan karakteristiknya 
  7. Peserda didik mengelompokkan negara Asia berdasarkan regionnya 
  8. Peserta didik dapat menjelaskan julukan Benua Amerika dan Benua Afrika 
  9. Peserta didik dapat menjelaskan alasan pemisahan Benua Asia dan Benua Eropa 
  10. Peserta didik dapat menganalisis pengaruh letak geologis negara Jepang 
  11. Disajikan data jumlah angkatan kerja negara Jepang, peserta didik dapat menganalsis pengaruhnya bagi negara Jepang 
  12. Disajikan gambar flora dan fauna peserta didik dapat menentukan flora dan fauna khas negara Amerika Serikat 
  13. Disajikan tabel nama flora dan fauna peserta didik dapat menentukan flora dan fauna khas negara Inggris 
  14. Disajikan peta Australia peserta didik dapat menentukan wilayah tersubur dan kota tertua di Benua Australia
  15. Peserta didik dapat menjelaskan faktor yang mendukung majunya sektor pertanian di negara Mesir 
  16. Disajikan nama benua dan penduduk aslinya peserta didik dapat menentukan pasangan yang cocok antara negara dengan penduduk aslinya 
  17. Disajikan ilustrasi negara dan batas-batasnya peserta didik dapat menentukan letak negara di Benua Amerika 
  18. Disajikan pernyataan peserta didik dapat menentukan persamaan dan perbedaan negara Jepang dengan negara Indonesia 
  19. Peserta didik dapat mendeskripsikan bentuk muka bumi negara Inggris 
  20. Peserta didik dapat menyebutkan negara di Asia yang memiliki jumlah penduduk terbanyak dan pertumbuhan penduduk tertinggi di Benua Asia 
  21. Peserta didik dapat mendeskripsikan ras penduduk Benua Asia 
  22. Peserta didik dapat membedakan penduduk benua Amerika Utara dan benua Amerika Selatan dari segi budaya dan seni
  23. Disajikan tabel nama negara benua Amerika peserta didik dapat mengklasifikasi negara yang memiliki kualitas hidup tinggi dan sedang di benua Amerika
  24. Peserta didik dapat menentukan faktor yang mendukung kesejahteraan hidup penduduk di benua Eropa
  25. Disajikan ciri-ciri etnik peserta didik dapat menentukan salah satu etnik penduduk di benua Eropa
  26. Disajikan keadaan penduduk benua Afrika peserta didik dapat memprediksi permasalahan yang timbul akibat pertambahan penduduk yang cukup tinggi di benua Afrika
  27. Peserta didik dapat menganalisis faktor yang menyebabkan penyebaran penduduk yang tidak merata di negara Australia
  28. Peserta didik dapat menganalisis dampak positif dari tingginya migrasi ke negara Australia
  29. Peserta didik dapat menganalisis salah satu pengaruh interaksi antarnegara terhadap keberlangsungan kehidupan manusia di bidang tertentu
  30. Peserta didik dapat menyebutkan contoh pengaruh interaksi antarruang antarnegara terhadap kehidupan sosial
  31. Peserta didik dapat menentukan pengaruh perubahan ruang dan interaksi ruang antarnegara terhadap kehidupan budaya
  32. Peserta didik dapat menentukan yang bukan faktor pendorong perpindahan penduduk dari desa ke kota 
  33. Peserta didik dapat menentukan hal-hal yang termasuk perubahan budaya
  34. Peserta didik dapat mendeskripsikan ciri-ciri salah satu bentuk perubahan sosial 
  35. Peserta didik dapat menyebutkan salah satu bentuk perubahan sosial budaya
  36. Peserta didik dapat menentukan penyebab perubahan sosial budaya yang berasal dari dalam masyarakat
  37. Peserta didik dapat menentukan faktor ekstern penyebab terjadinya perubahan sosial budaya 
  38. Peserta didik dapat menganalisis contoh salah satu faktor penyebab perubahan sosial budaya 
  39. Peserta didik dapat menyebutkan salah satu proses pengaruh kebudayaan lain yang menyebabkan terjadinya perubahan sosial budaya 
  40. Peserta didik dapat menganalisis salah satu proses pengaruh kebudayan lain yang menyebabkan terjadinya perubahan sosial budaya melalui contoh 
  41. Peserta didik dapat menentukan salah satu faktor penghambat terjadinya perubahan sosial budaya 
  42. Peserta didik dapat mengklasifikasi faktor penghambat dan pendorong terjadinya perubahan sosial budaya 
  43. Peserta didik dapat mendeskripsikan globalisasi 
  44. Peserta didik dapat menentukan contoh globalisasi pada salah satu bidang 
  45. Peserta didik dapat mengklasifikasi dampak negatif dan positif globalisasi 
  46. Peserta didik dapat menentukan dampak negatif globalisasi pada bidang politik 
  47. Peserta didik dapat menentukan contoh pengaruh globalisasi di bidang kuliner atau makanan 
  48. Peserta didik dapat menentukan upaya menghadapi globalisasi dalam memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia 
  49. Peserta didik dapat menyebutkan upaya-upaya dalam menghadapi globalisasi di bidang ekonomi 
  50. Peserta didik dapat contoh pengaruh negatif globalisasi 

Tidak ada komentar: